umbrella_hongkong

Malware Memanfaatkan Politik Umbrella Revolution Movement

(image source: boingboing)

Protes siswa yang dilakukan oleh masyarakat pro demokrasi di Hongkong menjadi perhatian dunia beberapa waktu yang lalu. Betapa tidak, protes yang dilakukan dengan cara berdemo di jalan dimotori oleh seorang remaja belia berusia 17 tahun. Dia adalah Joshua Wong yang memimpin sekitar 120 ribu orang untuk melakukan demonstrasi di jalanan Hongkong.

Dukungan yang mengalir tidak hanya berupa dukungan secara fisik dengan turun dijalan, namun juga berupa content di website-website. Namun sayang ada pihak-pihak yang tidak diketahui telah memanfaatkan secara negatif situasi tersebut. Mereka memasukan malware (program berbahaya) kepada situs-situs terebut dimana kemudian malware-malware itu akan berusaha untuk mencoba mengambil alih komputer yang digunakan untuk meng-akses website.

Seperti diberitakan Boingboing, adalah Veloxity yang memberitakan laporan tentang adanya malware di website-webiste para pendukung pro-demokrasi. Menurut mereka, saat ini masih terdapat malware yang berpotensi membahayakan (jangan mengklik link yang terdapat pada website dilaporan yang disediakan Veloxity).  Veloxity memberikan laporan tentang terdapatnya malware yang menyusupi pergerakan Umbrella Revolution.

Beberapa minggu sebelumnya juga, Veloxity telah memberitakan bahwa website resmi Partai Demokrasi Hongkong baik yang berbahasa Mandarin (dphk.org) maupun Inggris (eng.dphk.org) terinfeksi malware yang sama.  Berhati-hatilah ketika meng-klik link yang ada di situs-situs tersebut.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s