Gejala Ebola. Sumber wikipedia: http://en.wikipedia.org/wiki/Ebola_virus_disease

Penyakit Ebola: Apa dan Bagaimana Menyerang Manusia

Dunia dikagetkan ketika seorang pria  berusia 42 tahun, dikonfirmasi terjangkit virus Ebola (EVD/Ebola Virus Disease) dan akhirnya meninggal karena penyakit yang disebabkan oleh virus yang berasal dari Afrika tersebut. Dia adalah Thomas Eric Duncan yang didiagnosa terjangkit virus ebola di Amerika Serikta (USA) pada 30 september 2014 dan delapan hari kemudian setelahnya yaitu pada tanggal 8 oktober 2014 meninggal dunia oleh virus mematikan tersebut.

Kepanikan di negara paman sam semakin menjadi-jadi ketika perawat yang bertugas merawat pasien Thomas Eric Duncan ikut pula terjangkit oleh virus Ebola. Para peneliti meyakini bahwa epidemi virus Ebola dimulai pada 3 Desember 2013 ketika anak berusia dua tahun dari Guinea (sebuah negara di Afrika Barat) demam dan meninggal empat hari kemudian.

Gubernur Texas, Rick Perry, pada saat konferensi pers menyatakan bahwa Duncan telah melakukan kontak fisik dengan setidaknya lebih dari 18 orang di Dallas termasuk diantaranya beberapa anak sekolah. Lima airport internasional amerika disiagakan untuk melakukan penyaringan ketat para penumpang. Penyaringan difokuskan pada kondisi demam dan quesiner yang berkaitan dengan Ebola.

Setidaknya ada lima kasus evakuasi yang berkaitan dengan Penyakit Ebola ini yang disorot oleh media yaitu. Kent Brantly dan rekannya Nancy Writebol yang diperkirakan terinfeksi ketika di Monrovia. Rick Sacra yang diterbangkan dari Liberia ke Omaha Nebraska untuk di rawat di Nebraska Medical Center. Yang keempat adalah seorang dokter yang berkerja untuk WHO, dimana identitasnya dirahasiakan dirawat di Emory University Hospital di Atlanta. Yang terakhir adalah seorang jurnalis kantor berita NBC, Ashoka Mukpo yang dievakuasi ke University of Nebraska Medical Center.

Gejala terjangkit penyakit ebola ditandai dengan tiba-tiba seperti terjangkit influenza. Badan demam, sakit kepala dan nyeri dipersendian. Biasanya juga diiringi dengan radang tenggorokan meskipun jarang terjadi. Waktu rata-rata yang dibutuhkan dari mulai terjadi kontak dengan penderita Ebola sampai dengan terjadi gejala-gejalanya adalah sekitar kurang lebih 8 sampai dengan 10 hari. Gejala awal Ebola kurang lebih sama dengan gejala awal dari malaria dan demam berdarah.

Muntah dan diare juga termasuk beberapa gejala yang sering muncul pada orang yang terjangkit penyakit Ebola. Cegukan, sesak nafas dan kurang nafsu makan melengkapi gejalanya. Mata memerah, kulit merah-merah dan muntah darah biasanya terjadi pada fase perdarahan yang terjadi setelah lima atau tujuh hari  gejala pertama terdeteksi. Kelelawar diyakini sebagai reservoir alamai dari virus ebola.

Virus Ebola disebabkan oleh virus-virus dari keluarga Ebolavirus, Filoviridae dan Mononegavirales. Virus-virus penyebab penyakitnya adalah Virus Bundibugyo (BDBV), Sudan Virus (SUDV), Tai Forest Virus (TAFV) dan Ebola Virus (EBOV). Penularan dari manusia ke manusia terjadi karena kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh dari orang yang terinfeksi termasuk juga pembalseman dari mayat yang terinfeksi. Cairan-cairan yang dimaksud juga meliputi: air liur, lendir, muntah, kotoran, keringat, air mata, ASI, urin dan sperma.

Semoga pemerintah Indonesia dan departemen terkait cepat tanggap dengan wabah penyakit ebola ini dan melakukan tindakan-tindakan pencegahan secepatnya seperti penyaringan demam yang ketat di seluruh bandara, terutama untuk kedatangan dari negara-negara yang sudah positif terjangkit Ebola.

referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Ebola_virus_disease

http://en.wikipedia.org/wiki/Ebola_virus_epidemic_in_West_Africa

http://en.wikipedia.org/wiki/Ebola_virus

http://en.wikipedia.org/wiki/2014_United_States_Ebola_virus_outbreak

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s