Peradaban Islam Membuka Jalan Sejarah Peradaban Dunia

Peradaban islam bersinar dan bermanfaat bukan hanya untuk kaum muslim saja, tetapi hangatnya peradaban juga turut dirasakan oleh umat non muslim. Totalitas manfaat itulah yang menjadikan peradaban islam disanjung baik oleh orang islam itu sendiri dan mereka yang bukan. Contoh sanjungan dari non muslim misalnya datang dari Pangeran Charles ketika berpidato di pusat pengkajian islam di Oxford. Sang Pangeran mengungkapkan bahwa peradaban islam terlah memberikan sumbangsih terhadap lahirnya Renaisance.

Nabi Muhammad SAW

Peradaban islam sudah pasti sangat terkait dengan sesosok manusia agung sang pembawa kabar agama Islam yaitu nabi Muhammad SAW. Sang nabi agung yang lahir pada sekitar tahun 570 merupakan peletak batu pertama sejarah kegemilangan peradaban. Kisah sejarah dimulai dari rumah sang nabi besar sendiri yaitu Mekah. Dari gurun yang gersang tersebut, beliau sang nabi memperkenalkan cahaya islam kepada sahabat-sahabat nya yang kemudian dengan cepat cahaya islam tersebut menyebar ke seluruh pelosok antero jagat ini. Adalah kemuliaan ahlak dari sang nabi seperti kejujuran yang merupakan modal awal perjuangan didalam memperkenalkan keluhuran dan keagungan Islam.

Hijrah dari Mekah ke Madinah

Islam diturunkan oleh Tuhan semesta alam ini, Allah SWT, secara bertahap. Ayat demi ayat diperkenalkan seiring dengan waktu dan perkembangan gejolak kehidupan disekitar sang Rasulullah. Sehingga tidak heran jika Al Qur’an sangat kuat terpatri dalam kehidupan keseharian Rasulullah dan para sahabatnya. Fakta sejarah turun nya wahyu secara berangsur seolah hendak mengajarkan bahwa kisah keseluruhan kehidupan Rasulullah merupakan “blue print” dari kehidupan itu sendiri. Salah satu contoh dari sekian banyak contoh nilai-nilai kehidupan yang diperlihatkan pada masa Rasulullah adalah Hijrah dari Mekah ke Madinah.

Untuk sebuah perubahan diperlukan sebuah pergerakan dan nilai inilah juga yang coba diajarkan dalam kisah hijrah dari Mekah ke Madinah. Pergerakan nyata, pergerakan fisik yang membuktikan kesungguhan niat pada perubahan yang lebih baik. Dunia tidak akan berubah jika hanya diusahakan sebatas mimpi dan konsep tapi juga harus diiringi dengan tindakan nyata perbuatan. Dan itupulalah yang mendasari konsep iman dalam islam yaitu diyakini dalam hati, diucapkan secara lisan dan dijalankan dengan anggota tubuh. Hijrah dari Mekah ke Madinah merupakah contoh bagus yang sangat baik dalam nilai kehidupan yaitu pergerakan nyata untuk perubahan.

Cahaya Islam Bersinar Melalui Para Ulama

Dahulu kala ketika dikotomi ulama dan ilmuwan belum ada, cahaya islam telah  menghangatkan banyak pengikutnya. Pada saat itu, yang disebut ulama adalah ilmuwan dan yang disebut ilmuwan adalah ulama. Dua istilah yang menunjuk pada satu sosok yang sama yaitu sosok yang berilmu. Karena memang begitulah hakikat ilmu yang tidak harus dipisah-pisahkan menjadi ilmu akherat dan ilmu duniawi.

Salah satu bintang gemerlap itu adalah Abu Ali Al Husayn Ibn Abdullah atau yang lebih dikenal dengan nama “Ibnu Sina”. Tokoh yang biasa disebut dengan nama Avicenna ini telah berhasil membuat kagum dunia, dulu dan sekarang, sehingga UNESCO membuat sebuah penghargaan dengan namanya yaitu “Avicenna Award”. Ibnu sina kecil telah berhasil menghafal Al Qur’an dan menguasai banyak cabang ilmu islam dalam usianya yang masih dini yaitu belum genap sepuluh tahun. Namun tidak hanya itu saja, sosok yang lahir pada tahun 980 ini juga sangat dikenal luas memiliki wawasan yang mendalam tentang kesehatan sehingga disebut sebagai bapak kedokteran dunia. Sosok ulama yang komplit yang menguasai ilmu secara utuh dan menyeluruh.

Andalusia, Sebuah Sejarah yang Harus Diulang Kembali

Membicarakan peradaban islam tidak lengkap rasanya jika tidak membahas bukti cantik peradaban islam yang pernah bercahaya didaratan eropa yaitu negara Spanyol. Tanpa mengecilkan arti cahaya-cahaya peradaban islam dari dinasti lain, peradaban yang ditorehkan di Spanyol berhasil memberikan kesan yang sangat unik yaitu paling toleran dan paling mencintai ilmu.

Sejarah peradaban islam di Spanyol diawali oleh datangnya jendral besar islam pada masa kekhalifahan Umayyah di Irak ke negara Spanyol. Dia adalah jendral Tariq Ibn Ziyad yang tempat kedatangannya diabadikan dalam sebuah nama “Jabal Tariq” dimana kemudian orang-orang menyebutnya dengan nama “Gibraltar”. Masa keemasan peradaban di Andalusia tidak dapat terlepas dari dua fakta yang sangat mencolok pada masa itu yaitu toleransi yang sangat tinggi dan pesatnya ilmu pengetahuan.

Ilmuwan seperti Ibnu Rusyd dikenal barat dengan Averroes dan Ibnu Bajjah dikenal barat dengan Avempace adalah contoh ilmuwan islam yang lahir pada masa peradaban islam Andalusia. Gairah ilmu pengetahuan yang sangat tinggi menjadikan perpustakaan Cordoba pemilik koleksi buku terbanyak pada masa itu dengan jumlah sekitar 500 ribu naskah. Dimana pada masa yang sama, perpustakaan Eropa kristen hanya memiliki naskah tidak lebih dari 400 buah saja.

Dibidang arsitektur, peradaban islam di Andalusia masih memperlihatkan kemajuan zaman masa itu yang masih bisa dinikmati hingga sekarang. Adalah masjid Cordoba yang dibangun pada masa khalifah Muslim Abdurrahman sekitar tahun 787 dan Istana Alhambra yang dibangun pada sekitar tahun 1300 -an.

Sangat menarik untuk dapat terus mengulas warisan kejayaan peradaban islam sehingga pada akhirnya memberikan motivasi untuk dapat mengulang kembali sejarah peradaban tersebut. Memulai dari pokok yang paling utama yaitu Al Quran dan Sunnah kemudian terus merambat ke pohon-pohon ilmu lainnya. Ingsyaallah, dengan seizin Allah SWT, ketika hati-hati telah dipenuhi oleh cahaya islam dan dengan Quran & Sunnah sebagai pedoman, maka masa kejayaan itu akan dapat terulang kembali. Amin.

referensi: http://lovedhuafa.com/peradaban-islam-membuka-jalan-sejarah-peradaban-dunia/

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s