Kembali Mengajar Private

Sebagai konsekuensi berhenti dari pekerjaan sebagai seorang software architect maka saya harus mencari pintu rizki yang lain. Memang enak bekerja di IT konsultan, tetapi waktu yang diluangkan harus sangat besar. Itu mengakibatkan saya tidak punya waktu dan kesempatan untuk mengurus project startup saya.

Ada beberapa ide yang “pop-up” keluar dari benak ini, salah satu nya adalah menjadi pengajar private. Kenapa menjadi pengajar private? pada dasarnya saya adalah seseorang yang menyukai anak-anak. Dulu waktu masih kuliah, saya bergabung bersama teman-teman yang lain membuat sebuah taman kanak-kanak disebuah perkampungan di pinggiran bandung. Lalu keseharian aktivitas saya di ITB adalah menjadi anggota PAA atau Pembina Adik Asuh (kalaw tidak salah itu singkatannya hehehe). Kemudian saya juga menjadi pengajar private untuk anak-anak sekolah, dimulai dari SD, SMP dan SMA.

Selain tertarik dengan pemasukan finansial nya, menjadi pengajar private memberikan kebahagiaan tersendiri. Membimbing para generasi muda untuk menemukan cara belajar mereka yang pada akhirnya mencintai belajar. Saya ada kisah mengenai seorang murid private saya dulu kalaw waktu masih kuliah di bandung. Si anak sangat tidak menyukai pelajaran matematika. Setelah saya selidiki ternayta dia memiliki bayangan yang kabur tentang pembagian, entah kenapa menjadi seperti itu. Solusinya adalah saya meng-genjot masalah pembagian ke anak tersebut dengan berbagai varian contoh soal yang pada akhirnya memberikan pencerahan pada anak tersebut.

Alhamdulillah, pada akhirnya si anak menjadi sangat menyukai matematika. Hari-hari nya dia lakukan dengan mengisi soal soal matematika, katanya seru, seperti teka teki🙂 berarti tujuan private sudah tercapai. Si anak menjadi rajin belajar dan rajin mengerjakan soal.

Cukup bernostalgia dengan masa lalu, semoga di Bintaro saya bisa menemukan anak murid untuk bisa saya kasih bimbingan private. Dan semoga juga, bimgingan bisa memberika motivasi internal kepada si anak.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s