Rame Kasus Curi Pulsa, Content Provider Fight Back!

Menonton “Jakarta Lawyers Club” di TVONE malam ini rabu 12 oktober 2011,  dengan judul “Pulsa Rakyat, Disedot Pengusaha”, memercikan sebuah perasaan takut sebagai konsumen. Diskusi berlangsung hangat melahirkan pernyataan-pernyataan yang mungkin membuat jantung para konsumen kembang kempis.

Diceritakan bahwa Feri Kuntoro melaporkan sebuah “Content Provider” kepada polisi. Feri mengatakan bahwa di BAP dia tidak menyebutkan nama perusahaan. Buntut dari pelaporan tersebut, PT. Colibri Networks mengadukan balik Feri Kuntoro ke polisi dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Pasal pencemaran nama baik yang digunakan oleh PT. Colibri Networks untuk menyerang balik Feri Kuntoro memperlihatkan sesuatu yang sangat mengerikan. Pengusaha menekan balik konsumen yang tidak puas melalui celah yang disebut pencemaran nama baik. Lantas apa yang harus dilakukan konsumen ketika dirinya merasa dirugikan? Apakah melapor pada polisi adalah merupakan pencemaran nama baik? Siapa yang akan melindungi konsumen?

Diceritakan juga bahwa Feri Kuntoro telah melakukan proses “unreg” namun tidak berhasil. Hal tersebut kemudian dibantah oleh pengacara PT. Colibri Networks, bahwa tidak ada catatan mengenai proses unreg yang dilakukan oleh Feri Kuntoro. Pengacara bersikeras bahwa mereka mempunyai buktinya. Pertanyaan wajar yang wajib dilontarkan adalah bagaimana mekanisme buktinya? Siapa yang bisa menjamin bahwa catatan unreg yang pernah dilakukan tidak akan pernah bisa dihapus?

Jika praktek menekan balik yang dilakukan pengusaha pada konsumen melalui celah pencemaran nama baik terus dijalankan maka kasihan sekali nasib konsumen di negeri ini.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s